Monday, April 14, 2014

Jungle Track

Pulau Batam dikenal dengan banyaknya objek wisata bahari yang mengelilingi seluruh pulau. Namun ternyata pulau ini juga memiliki wisata hutan yang menarik untuk dikunjungi. Namanya adalah Hutan Wisata Mata Kucing (HWMK). Kok namanya Mata Kucing? saya juga tidak tahu :)

Hutan wisata ini berada di Jl. Diponegoro, jalan yang menghubungkan Batu Aji dan Sekupang. Hutan Wisata ini sebetulnya adalah hutan lindung yang dimanfaatkan menjadi objek wisata. Luasnya kurang lebih 100 hektar. 

Untuk masuk ke Hutan Wisata Mata Kucing, pengunjung akan dikenakan tiket masuk Rp. 5.000 untuk anak-anak dan Rp. 10.000 untuk dewasa. Di dalam hutan ini terdapat beraneka ragam jenis satwa langka yang seperti beberapa spesies burung yaitu, burung elang, burung bangau dan burung perkutut.  Suara burung yang bersahut-sahutan satu sama lain menciptakan harmonisasi alam yang merdu. Terdapat juga spesies primata seperti siamang coklat, siamang hitam, monyet dan beruk.

Kolam Ikan Dengan Jembatan Gantung

Di dalam hutan terdapat kolam ikan tawar yang cukup besar yang di dalamnya terdapat Arwana Arapaima Gigas, Arwana Golden, Tiger Catfish, Lopis, Piranha Red Paku, dan ikan air tawar lainnya. Di sini pun bisa memanggil Arwana Arapaima Gigas yang ukurannya sangat besar dengan cara mengetuk-ngetukkan sepatu ke pinggir kolam. Selain itu juga bisa memberi makan ikan-ikan tersebut dengan membeli makanan ikan yang disediakan seharga Rp 5 ribu. Yang menarik anda dapat menyebrang kolam dengan jembatan gantung yang berada di tengah-tengah kolam.

Di dalam hutan juga disediakan fasilitas outbound yang sangat menantang untuk menguji adrenalin sekaligus arena pengembangan kekompakan tim. Tersedia flying fox dan hiking. Hutan lindung ini merupakan kawasan perbukitan dan hutannya masih sangat alami sehingga sangat cocok untuk berpetualang sambil berolahraga hiking.

Setelah lelah berkeliling, pengelola menyediakan banyak gazebo untuk bersantai sambil rehat dan minum teh. Bagi yang ingin berendam tersedia kolam renang dengan air segar yang berasal dari hutan itu sendiri sehingga warna airnya kehijau-hijauan. 

Kolam renang airnya hijau

Bagi yang ingin pengalaman berbeda, anda dan keluarga bisa membawa tikar dari rumah dan mencari lapak di bawah pepohonan yang ada. Makan bersama keluarga ditengah suasana hutan yang alami adalah suatu pengalaman yang indah.

Bagi anda yang tidak sempat membawa bekal tidak usah kuatir karena di dalam tersedia rumah makan yang menyediakan berbagai macam jenis makanan.

Tagged:

0 comments:

Post a Comment